Jumat, 21 Juni 2013

WEP & WPA

Diposkan oleh Dhewy Minoz di Jumat, Juni 21, 2013
Reaksi: 

Pada saat kita ingin  mengakses sebuah wifi seringkali  kita menemukan wifi yang menggunakan password untuk bisa diakses. Nah inilah yang disebut dengan WEP & WPA.

WEP (Wired Equivalent Privacy) adalah suatu metoda pengamanan jaringan nirkabel, disebut juga dengan Shared Key Authentication yaitu  metoda otentikasi yang membutuhkan penggunaan WEP.
Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh administrator) ke client maupun access point. Kunci ini harus cocok dari yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk authentikasi menuju access point, dan WEP mempunyai standar 802.11b.

Karena WEP mempunyai banyak kelemahan maka diciptakanlah WPA (WiFI Protected Access). Teknik WPA adalah model kompatible dengan spesifikasi standar draf IEEE 802.11i. Adanya WPA yang menggantikan WEP mungkin membuat pengguna wireless sedikit lebih tenang karena mempunyai mekanisme enkripsi yang lebih kuat dari pada WEP. Mungkin saat ini sudah ada yang mampu memecahkan enkripsi WPA, tetapi mungkin memerlukan waktu yang lama untuk memecahkan enkripsi tersebut. Namun bukan tidak mungkin seiring berkembangnya ilmu dan teknologi suatu saat WPA akan dengan mudah di pecahkan dalam waktu yang lebih cepat.

Pada Praktek di lab, Untuk membuat security key connect ke  wifi kelompok 1. Setelah connect masuk ke 192.168.2.1 di browser anda. Maka akan muncul tampilan seperti berikut :
 



-      - Masuk ke Access Restriction
-      - Enter Police name bisa diubah dengan nama yang anda inginkan.
-      - Edit List apabila anda ingin melihat range IP Address yang di block. Klik edit list maka akan muncul tampilan dibawah ini.

Pada gambar diatas, apabila settingannya di permit maka hanya range ip address diatas yang bisa connect, sebaliknya apabila settingannya di prevent maka range ip address diatas yang tidak bisa connect alias di block.

-   - Allow digunakan apabila ingin mengaktifkan situs-situs yang ingin di block.
   - Schedule Day apabila anda ingin membatasi waktu penggunaan dari internet tersebut berdasarkan      harinya. Sedangkan schedule Time apabila anda ingin membatasi penggunaan internet sampai jam tertentu.
-   - Website Blocking Key URL Address adalah alamat website yang ingin anda block.
-   - Website Blocking by Keyword yaitu kita bisa memasukkan kata yang tidak boleh di akses oleh pengguna internet tersebut. Misalnya pada contoh diatas kata “Korea”, apabila seseorang searching dengan kata tersebut maka akan langsung di block atau tidak dapat di akses.
-   - Blocked Application adalah aplikasi-aplikasi yang di blok misalnya,http,POP3.

    Nah akhirnya Laporan terakhir saya untuk semester ini selesai juga, Mohon maaf sebelumnya karena  sebenarnya masih ada yang belum saya  posting disebabkan karena saya belum terlalu mengerti dan tidak tahu harus tulis apa... :D

Sekian & terimakasih.... ^_^



0 komentar:

Poskan Komentar

 

Happy with IT Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos