Kamis, 11 April 2013

Membuat JAringan Sederhana dengan Menggunakan Cisco Paket Tracer

Diposting oleh Dhewy di Kamis, April 11, 2013


Pada awalnya saya tidak mengerti dengan pembelajaran ini yahh mungkin karena saya sering main-main aja kl dibelakang, tapi setelah dosen memberi tugas untuk membuat jaringan baru deh saya mencoba cari tahu bagaimana cara membuat jaringan di software paket tracer ini.
Nah saya akan memposting tugas yang diberikan oleh dosen saya tersebut.. :D
1.      Nah yang digunakan disini adalah 5 PC, 1 Swich dan 1 Hub.
2.      Buat skemanya terlebih dahulu dengan menggunakan fitur yang telah ada di software ini (lihat gambar), caranya gampang tinggal Drop and drag aja kok.. :D


3.      Buat skema seperti ini..
4.      Hubungkan 3 PC di atas ke Switch dengan menggunakan kabel straight, sedangkan switch ke hub dengan menggunakan kabel Cross dan Hub ke 2 PC yang dibawahnya dengan menggunakan kabel straight.
5.      Cara menghubungkannya yaitu dengan menggunakan fitur connection.
6.      Klik kabel straight atau cross yang akan digunakan, lalu tempatkan pada device yang diinginkan. Terdapat pilihan RS 232 dan FastEthernet, pilih FastEthernet begitupula pada saat dihubungkan ke device yang lainnya pilih FastEthernet.
7.      Nah beginilah hasilnya..
8.       Kemudian atur  IP addressnya, caranya yaitu double klik device PC yang digunakan, pilih Dekstop dan klik IP Configuration. Kemudian pilih static, atur IP addres pada setiap device PC dengan host yang berbeda. Setelah itu klik subnet mask maka otomatis subnet mask nya akan muncul.setelah itu langsung close.

9.       Setelah semua ip address pada smua device PC diatur, maka saatnya untuk menguji koneksinya dengan cara di ping.. ^__^
10.   Caranya yaitu atur dahulu settingannya dissimulation, edit filter dan hapus centang Show All/None, kemudian centang ICMP.
11.   Ping PC yang satu dengan yang lainnya dengan mengklik salah satu device PC yang diinginkan kemudian pilih Commant Prompt.  Ping salah satu device yang dipilih dengan cara ketik ping IP address device tersebut , maka Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
12.   Jika sudah berhasil maka akan muncul tampilan seperti di atas. Sedangkan jika gagal, maka tulisan yang berada didalam kurungnya adalah (100 % Loss.)

Nah, begitulah kira-kira cara membuat jaringan di Cisco Paket Tracer..
Mohon maaf apabila ada penyebutan namanya yang salah..
Maaf juga karena kalimat yang digunakan masih jelek.. :D

0 komentar:

Posting Komentar

My Profile

 

Happy with IT Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos